ISMI Untuk Lobi Pasar Timur Tengah

Jakarta -Ikatan Saudagar Islam Indonesia (ISMI) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional (Munas) pertama. Acara ini bertujuan membentuk kepengurusan dan penetapan AD/ART organisasi.

Menurut Ketua Panitia Pengarah ISMI, Sugiharto, dalam Munas ini akan dipilih Tim Formatur sebanyak 5 orang yang akan menetapkan 1 orang ketua umum. Selanjutnya ketua umum bersama formatur akan menyusun kelengkapan kepengurusan pusat ISMI. selain itu, ditetapkan AD/ART ISMI sebagai pedoman bagi organisasi tersebut.

Acara ini dihadiri 600 orang dari unsur pengusaha muslim tingkat pusat hingga daerah, asosiasi pengusaha dari berbagai organisasi Islam di Indonesia, Kadin, BUMN, BUMD, perusahaan-perusahaan swasta, perguruan tinggi, partai politik., LSM, kedubes negara sahabat, dan sebagainya.

ISMI diharapkan mampu melakukan koreksi terhadap tatanan ekonomi global, bahkan termasuk memberikan solusi bagi ketahanan nasional dari pengaruh tatanan ekonomi global. Sistem ekonomi syariah perlu dijadikan penyelesaian masalah ekonomi yang lebih adil, sebagai format baru sistem ekonomi global yang lebih beradab dan bermartabat. Kehadirannya juga diharapkan menjadi perpanjangan tangan Kadin Indonesia khususnya untuk negara-negara Timur Tengah.

Kegiatan organisasi yang dideklarasikan Majelis Ulama Indonesia, PB Nahdatul Ulama, PP Muhammadiyah, dan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) pada 18 Desember 2012 dilandasi empat pokok etika bisnis. pertama, mendasari kegiatan bisnis dengan sifat-sifat kenabian,yaitu shidiq (jujur), amanah (terpercaya), fathanah (cerdas), dan tabliq (komunikatif). kedua, menegakan dunia usaha di atas pilar ekonomi syariah, yaitu keadilan, keseimbangan, dan kemaslahatan, serta berdiri di atas pondasi ekonomi yang kokoh, yaitu ukhuwah, syariah, akhlak, dan akidah. ketiga, membebaskan dunia usaha dari praktek bisnis yang terlarang, yaitu korupsi, judi, spekulasi, bunga, maksiat, zalim, barang haram, serta suap. keempat, melandasi kegiatan bisnis dengan prinsip-prinsip good corporate govarnance, yaitu keadilan, transparan, akuntabilitas, tanggungjawab, moralitas, dan kemandirian. cep

Leave a Reply

Your email address will not be published.