Indonesia Argentina Tingkatkan Kerjasama Ekonomi

Presiden SBY dan Presiden Cristina Fernandez memberi keterangan pers bersama di Istana Merdeka, Kamis (17/1 siang. (foto: laily/presidensby.info)

Presiden SBY dan Presiden Cristina Fernandez memberi keterangan pers bersama di Istana Merdeka, Kamis (17/1 siang. (foto: laily/presidensby.info)

Indonesia dan Argentina sepakat lebih meningkatkan kerja sama bidang ekonomi, terutama investasi dan perdagangan. Kedua negara juga menandatangani nota kesepahaman atau MoU kerja sama transportasi, perikanan, dan investasi

“Kami sepakat untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama ini, terutama untuk sektor perdagangan, investasi, pertanian, transportasi, dan pariwisata” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam keterangan pers bersama Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner, seusai pertemuan bilateral, di Istana Merdeka, Kamis (17/1) siang.

Hubungan perdagangan Indonesia-Argentina meningkat tajam. Tahun 2010, volume perdagangan mencapai 1.2 miliar dolar Amerika Serikat. Satu tahun kemudian angka tersebut meningkat menjadi hampir 2 miliar dolar AS. “Kami sepakat untuk meningkatkannya lagi di tahun-tahun mendatang,” SBY menambahkan.

Di bidang investasi, Presiden SBY yakin akan ada kemajuan yang signifikan karena Argentina memiliki ekonomi yang besar dan tumbuh. “Negara Amerika Latin ini juga merupakan anggota G20. Potensi ekonomi di Indonesia juga kuat maka investasi akan dapat kita tingkatkan lagi,” Presiden SBY menjelaskan.

Sementara di bidang pertanian, kedua negara bersepakat untuk menjamin ketahanan pangan. Argentina, lanjut Presiden SBY, adalah negara yang sangat maju dalam bidang pertanian. “Argentina bersedia untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Ini baik untuk peningkatan ketahanan pangan di kedua negara, bahkan di tingkat dunia,” ujar Kepala Negara.

Kedua negara juga membahas kerja sama di bidang pendidikan, budaya, dan negara. “Khusus olahraga, rakyat Indonesia mengagumi sepakbola Argentina, Mario Kempes, Diego Maradona, Lionel Messi, dan lain-lain, Presiden Cristina sepakat agar Argentina bisa juga melatih atlet sepakbola kita di waktu yang akan datang,” kata SBY.

Khusus kerja sama multilateral, Presiden SBY menjelaskan ada banyak kesamaan antara Indonesia dan Argentina. “Kedua negara juga sama-sama mengharapkan tatanan ekonomi dunia yang adil, ekonomi yang memberikan perhatian kepada masalah-masalah sosial, pembangunan, dan kemiskinan di seluruh dunia,” Presiden menuturkan.

“Kami sama-sama berjuang di forum G20 agar ekonomi dunia menjalankan growth with equity yang sangat penting bagi seluruh bangsa di dunia,” ujar Presiden.

Pada akhir keterangan pers bersama ini, Presiden Cristina Fernandez memberikan seragam sepakbola tim nasional Argentina kepada SBY.

Mendampingi Presiden SBY saat memberikan keterangan pers ini, antara lain, Mesesneg Sudi Silalahi, Menlu Marty Natalegawa, Seskab Dipo Alam, Mendag Gita Wirjawan, Menparekraf Mari E Pangestu, dan Menhub EE Mangindaan.

Seusai menerima Presiden Argentina ini, Presiden SBY langsung meninjau kawasan banjir Jakarta. Presiden berkeliling ke sejumlah titik banjir menggunakan perahu karet. Malam nanti, SBY dijadwalkan menyelenggarakan jamuan santap malam kenegaraan menghormati Presiden Cristina Fernandez.

presidenrigoid

Leave a Reply

Your email address will not be published.